Menu

Jumat, 28 Juni 2013

Kiat Nyaman Pakai Popok untuk Si Kecil

sikembar34.blogspot.com – Supaya si kecil tetap merasa nyaman dengan popoknya, bantulah ia mendapatkan popok yang kering dan bersih. Apalagi jika usianya sudah menginjak dua bulan. Di umurnya ini, ia tambah sering pipis dan kotorannya sudah mulai padat.

Iapun rentan terkena ruam. Ruam terjadi karena kulit bayi dibiarkan terlalu lama memakai popok basah yang telah bercampur enzim dan zat kimia serta ditumbuhi mikroba. Pori-pori kulitnya menjadi lebih terbuka, kulitnya kemerahan, serta rentan terhadap serangan bakteri. Apa yang bisa kita lakukan untuk membebaskan si kecil dari ruam?

* Gantilah popoknya lebih sering, tiga atau empat jam sekali. Dalam satu minggu, bayi membutuhkan setidaknya 75 buah popok agar ia tetap nyaman.

* Oleskanlah krim pada kulit sekitar pantat bayi sebagai pelapis antara kulit bayi dan bagian yang basah.

* Biarkan pantat bayi mengering terkena udara sesering mungkin

* Bersihkan pantat bayi dengan air hangat dengan cara menyemprotkannya dari botol spray. Jika perlu, usaplah secara lembut untuk mengangkat kotoran.

* Oleskan salep yang mengandung zat seng (zinc) ke popok dan pastikan popok dipasangkan dengan tepat. Jika dipasangkan dengan benar, pas di tubuh si kecil, popok tidak akan mudah bocor dan tidak menyakiti kulitnya.

(esqiel/republika/muslimahzone.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar